inang pangittubu

Kamis, 31 Mei 2012


jangan tanya padaku, nak
berapa air mataku tumpah buatmu
jangan pula kau tanya aku
bagaimana puting susuku menjelma jiwamu

ini cinta, oh hasianku na lagu
pada cinta tak ada kalkulasi untung rugi
tak dibutuhkan ilmu ekonomi
cintaku ruah melumuri hatimu
tak kuragu, untuk itu aku kehilangan ragaku


oh tondikku ....
jangan pernah kau bayar lelahku
sebab aku bukan karyawan
dan kau bukan majikan
aku melayanimu karena cinta semata!


di jiwamu terpatri citraku
pada senyummu kuukir bahagiaku
pada nadimu mengalir semangatku
pada hidupmu awal kembali hidupku

di hariku yang senja
jangan berpikir belum memberi apa-apa
sebab aku tak minta apapun
cukup jika engkau telah bahagia

duhai anakku na Burju
jika aku usai pada satu waktu
itu tak benar luruh
sebab padamu tlah ada ruhku

jika layarku tutup nantinya
jangan ada air mata
nga pos do rohakku
jika kau berdo'a sebisamu.




Tj. Morawa, 30 November 2011



catatan:
1.Inang pangittubu, secara harfiahnya 'berarti mama yang melahirkan'. Hal ini untuk membedakannya dengan 'inang inang' yang lain. Inang dalam bahasa Batak berarti 'ibu'. Ada inang uda (tante), inang tua (uak), dll.Secara makna, inang pangittubu berarti adalah orang yang melahirkan dan membesarkan kita lengkap dengan semua cinta kasih dan pengorbanan yang dia berikan buat kita.

2. Tondi, secara harfiah berarti jiwa. Secara makna, tondi adalah belahan jiwa. Bisa dia itu orang tua atau anak kita. Kata tondiku biasa digunakan orang Batak, buat menyebut anak yang sangat dikasihi.

3.hasianku na lagu = kekasih hatiku yang lembut hati
Hasian berarti kekasih. Kata hasian bisa digunakan untuk menyebutkan anak, atau orang yang dikasihi lainnya.

4. anakku na Burju = anakku yang baik hati
Burju = baik hati
Dalam masyarakat Batak, kata anak berarti anak laki-laki. Untuk anak perempuan disebut  boru

5. nga pos do rohakku = sudah Legalah hatiku
nga adalah singkatan dari nungga yang artinya telah
pos berarti lega, tenang
roha berarti hati
rohakku artinya hatiku


2 komentar:

Unknown mengatakan...

Saya shared ke fb saya °♧ȋȋ̊γ̲̣̣̥ÿ̲̣̣̣̥γ̥ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧° mba..
Nama dan alamat mba wening akan saya sebutin sebagai penulisnya :)

Monggo, dik. :)

Posting Komentar

 
 
 

Ruang Komentar

Bunga Kesayangan

Bunga Kesayangan

Popular Post

 
Copyright © Ruang-ruang Hati